• Melayani Dengan Setulus Hati

UPTD Puskesmas Kutasari Sosialisasi Demam Berdarah Lintas Sektor

Pelayanan UPTD Puskesmas Kutasari Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan Kegiatan Lintas Sektor Se-Kecamatan Kutasari yang dilaksanakan di Balai Desa Karangklesem pada hari Selasa, 4 Agustus 2020.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi serta mencegah resiko penyakit Demam Berdarah karena tingginya angka penyakit menular terutama Demam Berdarah di wilayah Kecamatan Kutasari.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Puskesmas Kutasari Dorys Day S, SKM, M.Kes menjelaskan kegiatan yang dilakukan adalah bentuk pelayanan Puskesmas yang merupakan Pusat Kesehatan Masyarakat. Selain itu kegiatan ini dilakukan karena ada laporan warga masyarakat yang terjangkit penyakit Demam Berdarah.

Pada Kegiatan tersebut Kepala Puskesmas Kutasari mengajak warga masyarakat untuk melakukan gerakan PSN 3M Plus dan Jumantik. PSN dengan cara 3M Plus, yaitu Menguras bak mandi, Menutup tempat penampungan air, Memanfaatkan kembali barang bekas, Plus mencegah gigitan nyamuk. Jumantik atau Juru pemantau jentik merupakan anggota masyarakat yang dilatih oleh Puskesmas setempat untuk memantau keberadaan dan perkembangan jentik nyamuk guna mengendalikan penyakit DBD di suatu wilayah.

Diharapkan dengan adanya kegiatan lintas sektor di Kecamatan Kutasari, dapat mengurangi angka penyakit menular terutama Demam Berdarah di wilayah Kecamatan Kutasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *